i love Rupert Grint! :D

Friday, October 28, 2016

TUGAS KEEMPAT ILMU BUDAYA DASAR

A. Kepuitisan, Keartistikan, dan Keestetikaan Bahasa Puisi
Puisi termasuk jenis sastra, sedangkan sastra bagian dari kesenian, dan kesenian cabang/unsur dari kebudayaan. Kalau diberi batasan, maka puisi adalah ekspresi pengalaman jiwa penyair mengenai kehidupan manusia, alam, dan Tuhan melalui media bahasa yang artistik/estetik, yang secara padu dan utuh dipadatkan kata-katanya.
Kepuitisan, keartistikan atau keestetikaan bahasa puisi disebabkan oleh kreatifitas penyair dalam membangun puisinya dengan menggunakan:
1. Figura bahasa (figurative languange) seperti gaya personifikasi, metafora, perbandingan, alegori, dsb sehingga puisi menjadi segar, hidup, menarik dan memberikan kejelasan gambaran angan.
2. Kata-kata yang ambiguitas yaitu kata-kata yang bermakna ganda, banyak tafsir.
3. Kata-kata berjiwa yaitu kata-kata yang sudah diberi suasana tertentu, berisi perasaan dan pengalaman jiwa penyair sehingga terasa hidup dan memukau.
4. Kata-kata yang konotatif yaitu kata-kata yang sudah diberi tambahan nilai-nilai rasa dan pengalaman jiwa penyair sehingga terasa hidup dan memukau.
5. Pengulangan, yang berfungsi untuk mengintensifkan hal-hal yang dilukiskan, sehingga lebih menggugah hati.
Jadi menurut pendapat saya, ‘’kepuitisan, keartistikan, atau keestetikaan bahasa puisi disebabkan oleh kreatifitas penyair dalam membangun puisinya‘’ yaitu bagaimana seorang penyair dapat menciptakan sebuah puisi yang di mana di dalamnya mencakup segala ekspresi emosi, ekspresi diri, dan kreatifitas yang dibentuk melalui penggunaan bahasa yang liris dan padat yang memiliki keindahan dan dapat dirasakan oleh orang lain. Yang di mana, seorang penyair dalam menciptakan sebuah puisi memperhatikan dari segi figura Bahasa, kata-kata ambiguitas, kata- kata berjiwa, kata-kata konotatif, serta pengulangan, sehingga di dalam puisi tersebut terkandung nilai-nilai kepuitisan, keartistikan, dan keestetikaan.

B. Puisi Gunadarma
Gunadarma Universitasku
Oleh: Heni Setyanti

Oh Gunadarma
Kaulah tempatku menimba ilmu
Mencegahku dari kebodohan
Meraih asa setinggi langit

Oh Gunadarma
Kau lah universitasku
Almamater kebanggaanku
Namamu akan selalu ku kenang
Dan takkan pernah lekang oleh waktu

No comments:

Post a Comment